(bisnissurabaya.com) – Siapa yang tidak mengenal minuman es cincau? Selain rasanya menyegarkan, es cincau bermanfaat untuk menjaga pencernaan, mengatasi panas dalam, darah tinggi, diare, melawan tumor, dan mencegah diabetes. Karena itu keberadaan cincau yang merupakan minuman tradisonal bisa diterima berbagai kalangan konsumen, baik tua maupun muda.

Karena menyukai minuman berbahan cincau, terlintas dalam pikiran Giono, warga Kapas Madya Surabaya untuk mengembangkan bisnis minuman hitam ini. Dengan menggunakan label bisnis Es Caola 99, Giono, mulai berjualan di sebuah lapak pinggir jalan. Ada 2 varian rasa yang ditawarkan. Yaitu original dan susu.

Setelah setahun bergelut dengan waktu, dagangan Giono pun laris manis. Bahkan saat musim hujanpun dagangan es cincau tetap laku. Hal ini disebabkan karena rasanya yang khas menggunakan bahan dari gula aren.

“Es Cincau buatan Mas Giono, rasanya enak, dan tidak menyebabkan batuk,’’ kata Sicha Arini, seorang pelanggan tetap. Harga jual es cincau terbilang murah. Yang original Rp 2.500 dan yang plus susu Rp 3.000. “Alhamdulilah, saya bisa tembus omzet sampai Rp 400.000 per hari, dengan asumsi keuntungan 40 persen sampai 50 persen,’’  ujar Giono, kepada Bisnis Surabaya.

Pesanan es cincau pun mengalir dari berbagai tempat. Berbagai acara seperti reuni, arisan seminar bahkan acara hajat pernikahanpun dilayani Giono. Untuk mengembangkan bisnisnya, kedepan Giono, ingin menambah satu lapak lagi untuk jualan es cincau di Surabaya.

Giono memotivasi agar generasi muda di Surabaya bisa memulai wirausaha, banyak yang bisa dijual dan dikembangkan. “Tak perlu ragu ataupun malu berwirausaha,  prinsipnya daripada wira-wiri lebih baik kita wira usaha,” tutur Giono, yang juga alumni STM Pembangunan Negeri Surabaya. (nanang)