(bisnissurabaya.com) – BUMN kepelabuhanan, Pelindo III, yang berkantor pusat di Surabaya menjadi pemenang pertama BPJS Ketenagakerjaan Zero Accident Award 2017. Acara penganugerahan Malam Apresiasi 40 tahun BPJS Ketenagakerjaan berlangsung  di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan  tujuan ajang tersebut salah satunya untuk mendorong pelaksanaan perlindungan dan jaminan tenaga kerja seperti yang diamanatkan UU. Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

“Pelindo III telah proaktif memenuhi kewajiban, pelaporan, dan dokumentasi ke BPJS Ketenagakerjaan. Jadi penghargaan ini tidak diraih secara instan, namun melalui proses panjang dan konsisten menjalankan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Karenanya K3 sudah menjadi budaya, bukan sekedar formalitas,” kata Kepala Kantor Cabang BPJS Tanjung Perak Deni Suwardani saat menyerahkan hadiah berupa uang pembinaan dalam bentuk peralatan dan kelengkapan K3 senilai Rp 50 juta. Hadiah diterima Direktur SDM dan Umum (SUM)  Pelindo III Toto Heli Yanto di Surabaya, Jumat (29/12).

Toto Heli Yanto membenarkan, bahwa operator 43 pelabuhan di Indonesia tersebut telah mengimplementasikan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dalam semua aspek di perusahaan. “Budaya K3 terus ditanamkan kepada seluruh pegawai sejak berangkat dari rumah menuju kantor atau lapangan, di lingkungan kerja, sampai kembali ke rumah. Terlebih di pelabuhan banyak pihak terlibat dalam kinerja operasional. Pelindo III sebagai pengelola pelabuhan aktif mengomunikasikan agar semua pihak comply (mematuhi) dan aware (menyadari) K3,” ujar Totok panggilan akrab Direktur SUM ini. (sam)