Tulungagung,(bisnissurabaya.com) – Tak ingin melihat anak buahnya indispliner dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat, Wakil Bupati (Wabup) Tulungagung, Maryoto Birowo, menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah kantor dinas yang menjadi bawahannya. Hal ini tetkait dengan pasca libur panjang dalam perayaan Natal kemarin.

Yang menjadi tujuan pertama adalah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga. Di kantor ini, orang nomor dua di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tulungagung ini, langsung menyisir setiap ruang. Mulai dari ruang Staf, Sekretaris, dan Kepala Dinas.

Selain itu, Maryoto juga mengecek dari buku absensi. “Alhamdulillah semua pegawai lengkap. Tidak ada yang tidak masuk,” ujar Maryoto.

Selanjutnya, sidak dilanjutkan ke Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum Pengairan dan ESDM. Di kantor ini, sama yang dilakukan oleh wakil Bupati Tulungagung ini. Semua ruang disisir satu persatu, hingga tak satu ruang pun yang terlewati. “Alhamsulillah, hasilnya nihil. Semua PNS masuk sesuai aturan yang ada,” papar Maryoto lega setelah melihat anak buahnya tak ada yang bolos.

Maryoto menjelaskan, sidak ini sengaja dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Rahasia. Tak heran, jika kedatanganya yang tiba-tiba tersebut sedikit membuat panik anak buahnya. Kendati demikian, Maryoto memakluminya. “Mungkin karena kaget saja. Tidak angin tida ada hujan, tiba-tiba Wakil Bupati hadir,” ujar Maryoto sedikit tersenyum mengingat kejadian tersebut.

Dalam sidak ini, ia tidak menemukan satu pun anaknya buahnya yang bolos. Jika terbukti ada yang tidak masuk, tanpa didasari alasan yang kuat, pihaknya tidak segan-segan memberikan sanksi tegas. “Minimal teguran keras, bahkan bisa jadi pemecatan,” ujarnya.

Usai menggelar sidak, Maryoto kembali dengan mobil dinasnya menuju kantor kerjanya. Sidak ini rencanaya akan terus digelar, setiap pasca liburan panjang. Dengan demikian, kedisplinan pegawai sebagai pelayan masyarakat tetap terjaga. (rul)