Surabaya,(bisnissurabaya.com) – Bazar usaha kecil menengah (UKM) dipenghujung 2017 lalu. Karena itu, Dinas Perdagangan Kota Surabaya menggelar bazar UKM di Taman Bungkul Surabaya. Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Kota Surabaya Dra Ariani Pakisetyaningsih, ini diikuti dua perwakilan dari masing-masing kecamatan di Kota Surabaya. Aneka barang dagangan produk UKM ditawarkan pedagang, mulai produk makanan, minuman, sepatu,  juga handycraft.

Tampak Icha Hadisah, dengan aneka produk olahan rosellanya, Mr Kim dengan aneka produk sausnya, Reny Widya Astuti, dengan produk Infuse water Mojitonya, Moestar Affandi, dengan produk pentol bakso ayam, serta hampir semua stand tampak ramai diserbu pengunjung. Bahkan dalam hitungan tak lebih dari satu jam produk saus yang digelar Mr. Kim ludes dibeli pengunjung yang kebanyakan ibu-ibu.

Para pemenang stan terbaik. (Foto/nanang)

Stand yang menjual makanan seperti nasi pecel, nasi campur, dan nasi bakar juga menjadi sasaran serbuan pengunjung. Terlihat penjual nasi bakar kewalahan melayani pembeli, dia membakar nasi  ditengah kerumunan pembeli yang antusias.  Sementara disebelahnya ada stand  yang menjual sepatu, sabuk  dan dompet kulit yang juga dikerubutin oleh pengunjung.

Acara bazar UKM ini dimeriahkan dengan penampilan musik sebuah group band yang cukup terkenal di Surabaya. Berbagai  lagu ditampilkan  dengan sangat rancak  termasuk lagu Gemu Fa mire yang berasal dari Maumere. Para pengunjung  dan pemilik stand juga antusias untuk tampil menyumbangkan suara emasnya serta joged ramai ramai dipanggung.

Pada kesempatan ini juga diadakan lomba stand penyelenggara terbaik, terpilih sebagai  juara  yaitu  stand  dari kecamatan Gunung Anyar , Rungkut, Pabean Cantikan, Bubutan , Gubeng, dan Wonokromo. “Alhamdulilah stand Mojito yang mewakili Kecamatan Pabean Cantikan terpilih sebagai juara ke 3 , Semoga bisa memotivasi saya untuk lebih mengembangkan UKM ini,’’ kata Reny Widya Astuti, pemilik UKM Mojito, kepada Bisnis Surabaya, pekan lalu.

Sedangkan Camat Sukomanunggal, mengapresiasi stand saus Mr Kim yang menjadi binaan diwilayahnya dengan mengundang Mustakim Patih pemilik Saus Mr Kim untuk dibantu pengurusan surat surat ijin yang diperlukan “Saya ditelepon Bu Camat untuk segera bertemu untuk diproses surat surat untuk UKM yang diperlukan,” kata Mustakim yang akrab disapa Mr Kim. (nanang)