(bisnissurabaya.com) – Hidup sehat bersih narkoba. Keberadaan Kota Surabaya yang menempati urutan pertama dalam kasus penyaluhgunaan narkoba di Jawa Timur (Jatim) menjadi kerisauan dan keperihatinan tersendiri bagi banyak orang, lembaga ataupun organisasi di Surabaya. Gerakan masyarakat untuk kembali hidup sehat melaui upaya pencegahan daripada mengobati untuk mewujudkan Surabaya bersih narkoba, mulai banyak dilakukan oleh kelompok-kelompok masyarakat dibanyak tempat.

Gerakan Mencegah Daripada Mengobati (GMDM) Kota Surabaya, GW MAN Group Wirausaha, dan Tabloid Bisnis Surabaya berkolaborasi mengadakan kegiatan senam bersama yang dibarengi kegiatan demo memasak makanan  sehat di Pasar Turi Baru Minggu (17/12) pekan lalu.

Kegiatan ini diikuti sekitar 200 peserta senam yang terdiri dari ibu-ibu yang berdandan cantik dengan warna seragam yang menarik ini merupakan peserta rutin kegiatan senam, mereka tampak antusias mengikuti setiap gerakan yang dibawakan instruktur senam.

“Setiap ada jenis senam baru kami selalu melakukan sosialisasi kepada anggota kami, dan mereka selalu antusias untuk mencoba belajar gerakan senam,’’ kata Ketua GMDM, Yayuk Wahyuningsih, yang juga tokoh UMKM Surabaya ini. Selesai senam, ibu-ibu peserta senam menyerbu stan pameran makanan untuk membeli aneka  makanan sehat produk UKM. Seperti air infuse Mojito, ayam giling kemasan  telur, mie sehati, aneka saus masak Mr Kiem.

Mereka juga mencoba makanan salad buah dan mie sehat yang dibuat Chef Mustakim yang akrab disapa Mr Kim dan bakso ayam buatan Sri Wahyuni. Alhasil salad dan bakso pun ludes dalam hitungan menit.

“Kata orang salad buatan kami enak. Sebenarnya cara membuatnya sederhana, hanya saja saus saladnya kami membuatnya sendiri. Jadi citarasanya khas sesuai dengan lidah orang Indonesia,” kata Chef Mustakim, yang juga Koordinator GW MAN Group Wirausaha.

Pemimpin Redaksi Bisnis Surabaya, Bambang Wiliarto, menyatakan, kolaborasi kegiatan seperti ini akan menjadi kegiatan yang menarik dan menyenangkan bagi banyak orang. Selain mengajarkan orang untuk terus hidup sehat melalui senam bersama juga bisa meningkatkan kemampuaan memasak makanan sehat bagi ibu-ibu.

“Kemitraan antara UKM, GMDM dan Bisnis Surabaya selaku media partner akan terus dikembangkan melalui penambahan rubrik khusus UKM yang bisa menjadi media konsultasi bisnis antara pelaku UKM, baik mengenai proses produksi, pengemasan, sampai proses pemasaran,” katanya. (nanang)