(bisnissurabaya.com) – Jahe Merah menghilangkan lelah. Minuman herbal berbahan jahe merupakan minuman khas berbasis kearifan lokal yang sudah menjadi tradisi yang dikenal oleh banyak orang tidak hanya diIndonesia tapi juga mancanegara

Mengacu pada hal tersebut, Ruth Rukis, dan suaminya memproduksi serbut jahe merah kemasan yang diberi merek aster minuman jahe merah berfungsi untuk menjaga stamina, melancarkan peredaran darah,menghilangkan darah tinggi, mengatasi rasa mual, menghilangkan masuk angin, serta meningkatkan vitalitas seksual.

Jahe merah aster mempunyai 2 varian yaitu gold dan medium dengan harga dibanderol antara Rp 33.000 sampai Rp 60.000, di pasarkan secara ritel maupun maupun resaler dengan cara dititipkan di berbagai mini market dan juga dipasarkan dionline melalui akun whatssap, facebook dan instagram. Omzet penjualan mencapai Rp 15 juta sampai 17 juta per bulan.

“Saya tidak takut bersaing dengan produk pabrikan karena produk saya memiliki karakter rasa yang kuat, bahkan karena rasanya yang khas, saya punya pelangggan tetap diluar negeri”  Jelas Ruth Rukis

Ruth Rukis, berharap kepada pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dibidang UKM agar bisa dibantu mesin pecampur atau mixing machine karena selama ini dia mengaku masih kesulitan pada saat mencampur, seringkali rasa menjadi berbeda karena bahan tidak bisa tercampur dengan sempurna dengan cara manual.

Selain bantuan mesin , dia juga berharap bantuan modal. Sistim konsinyasi yang diterapkan oleh minimarket seringkali terasa berat dan merugikan. Karena dengan waktu pembayaran tertentu menyulitkan dia sebagai pengusaha UKM pemula, dia perlu menyediakan modal sampai 3 kali lipat untuk tetap produksi.

Saat ini Ruth Rukis, sedang mempersiapkan produk baru. Yaitu minuman kunyit asam. Produk ini diharapkan bisa mendampingi produk jahe merah yang sedang berkembang dipasaran.(nanang)