(bisnissurabaya.com) – Mendidik usaha mikro kecil menengah (UMKM) dibidang kewirausahaan menjadi prioritas. Yakni, melalui berbagai pelatihan dengan mengeluarkan sertifikasi kompetensi di bidang managemen dengan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi.

“Kami akan melanjutkan program dari tahun lalu, prinsip kita menjadikan para entrepreneur menjadi seorang profesional untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Ketua Umum Asosiasi Managemen Indonesia (AMA) Surabaya, Budhi Satrio, kepada Bisnis Surabaya, pekan lalu. Dengan perayaan HUT ke-28 AMA Chapter Surabaya diharapkan mampu bersama membangun Indonesia dengan menjunjung profesionalisme yang berintegritas.

AMA sendiri dibentuk bertujuan untuk meningkatkan kompetensi manajemen dan wirausaha, membangun jaringan bisnis, merangsang lahirnya inovasi, meningkatkan produktivitas, dan menggalang persahabatan.

Dengan berpegang pada filosofi FACES (Forward looking, Actionizing, Continous learning, Ethical conduct, Social concern), AMA telah memiliki lebih dari 2.500 anggota dan telah melebarkan sayap di 15 kota di Indonesia, diantaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Jember, Solo, Jogjakarta, Bali, Manado, Palembang, Lampung, dan Makassar.

“Kegiatan AMA antara lain adalah melakukan seminar rutin setiap bulan dengan mengangkat topik-topik manajemen, bisnis, ekonomi, dan kepemimpinan,” imbuh Budhi Satrio, ketua umum AMA Surabaya yang sebelumnya didapuk menjadi pembina ini.

Selain itu, ada juga kegiatan factory visit dengan mengunjungi industri terkini untuk mendapatkan inspirasi dan inovasi bisnis, serta kegiatan amal yang rutin dilakukan sebagai bentuk kontribusi langsung kepada masyarakat. Dalam mempersiapkan generasi penerus, AMA juga memiliki kegiatan AMA Youth yang mempersiapkan calon-calon pemimpin masa depan dengan keterampilan manajemen bisnis.

Perayaan HUT AMA yang berlangsung di Hotel Santika Pandegiling ini diawali dengan donor darah bagi masyarakat umum, berikut seminar reguler mengangkat kisah sukses Sugiat, Owner PT Graha Mukti Indah dengan topik 4 Dimensions of Intelligence in Life, serta pelantikan pengurus AMA Chapter Surabaya, yaitu pergantian estafet kepemimpinan AMA Chapter Surabaya dari Dr. Ir. JFX  Susanto Soekiman, MM., MBA. kepada Dr. Ir. Budhi Satrio untuk periode kepengurusan 2017 – 2021. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum AMA Indonesia, Ir Suhartono Chandra, MM.

Dalam kepengurusan terdahulu, Susanto Soekiman, telah melakukan 41 seminar yang menjangkau 5.280 peserta, 6 sesi AMA Youth yang menghasilkan 260 tunas muda AMA, dan 6 kunjungan factory visit ke berbagai industri di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Semoga dengan kepengurusan baru dengan komposisi para generasi muda yang energik, AMA Chapter Surabaya akan  bertransformasi membawa perubahan yang berdampak secara nyata bagi para professional dan entrepreneur dalam meningkatkan profesionalismenya, menambah jejaring berkualitas, serta memiliki keunggulan bersaing,” terang Suhartono Chandra, selaku Presiden AMA Indonesia. (lely)