Sumenep,(bisnissurabaya.com) – Mempersiapkan generasi memiliki ketrampilan adalah tugas mulia.  Dinas Koperasi dan UMK (Dinkop UMK) Kabupaten Sumenep tiap tahun mencetak 1000 pengusaha muda melalui metode pelatihan plus. Yaitu pelatihan yang dilanjutkan dengan pemagangan , pemberian bantuan peralatan, dan pendampingan .

Program pelatihan pengusaha muda ini telah dimulai sejak 2016. Jenis  pelatihan meliputi budidaya ternak lebah madu, budidaya rumput laut,produksi kue dan roti, teknik cat mobil, teknik mebeler, produksi sepatu, membatik, menjahit dan border. Dan semua proses pelatihan ini diselenggarakan langsung oleh SKPD.

Pada  2017 dinas ini   mulai melibatkan pihak ketiga PIWS- STIKIP  sebagai mitra inkubator program. Dengan melibatkan pihak ketiga diharapkan program unggulan ini bisa berjalan lebih profesional searah dengan perkembangan pasar.

“ Kami melakukan seleksi ketat terhadap peserta yang mendaftar, peserta dibatasi hanya usia 17 sampai 35 tahun. Antusisme peserta sangat tinggi, tahun ini saja peserta membludak sampai 1.600 orang. Padahal  kuota kami hanya 1.000 orang peserta saja, “ terang Imam Trisnohadi Kepala Dinas Koperasi Dan UMK Kabupaten Sumenep, pekan lalu.

Saat ini kelompok binaan hasil pelatihan yang terdiri dari 5 sampai 15 anggota itu sudah banyak yang berhasil dan memiliki omzet sekitar Rp 5 juta perbulan. Diantaranya kelompok binaan batik dan kelompok binaan kue. Direncanakan  2018 akan dibentuk sentra atau kluster ekonomi perdesa.

“ Seringkali kami juga dengan terpaksa menolak peserta yang ingin mengikuti pelatihan tertentu padahal kuotanya sudah penuh misalnya batik dan pembuatan kue, karena itu kedepan kami akan menambah kuota untuk jenis pelatihan yang banyak peminatnya, “ tambah bapak alumni  Universitas Wijaya Putra ini.

Program unggulan 1000 pengusaha ini diharapkan dapat mempercepat kemajuan Kabupaten Sumenep, yang saat ini juga dengan ditunjang kehadiran bandara udara. Selain itu Sumenep merupakan destinasi wisata kesehatan seiring dengan ditemukan tempat  dihasilkannya oksigen tertinggi nomor 2 di dunia setelah negara Skandinavia, sehingga disitu angka harapan hidup manusia menjadi sangat tinggi. ( nanang)