(bisnissurabaya.com) – SUV menemukan momentumnya. Kali ini, PT Toyota – Astra Motor secara resmi meluncurkan produk terbaru, All New Rush di Pakuwon Mall Surabaya, pertengahan Desember lalu. Meski berganti baju, mobil besutan pabrikan Jepang ini tetap mempertahankan DNA lama sebagai Real SUV sejak keluar pada 2006 silam.

Sempat terjual lebih dari 250.000 unit, sebuah akumulasi angka penjualan tertinggi di segmennya, All New Rush tampil dengan desain lebih modern untuk mengisi pasar yang kian dinamis dengan nuansa sporty habis. Desain tough and dynamic terinspirasi oleh penampilan para atlet yang dinamis, namun tangguh dalam menghadapi setiap rintangan.

Perubahan drastis terlihat pada bagian eksterior, mulai dari garis desain bawah jendela yang memberi kesan kokoh, kesan dinamis (dynamic) keluar dari garis desain di bagian samping. Interior diklaim Premium Tough Feeling guna kenyamanan di kabin bagi seluruh penumpang. Serta sistem hiburan semakin optimal, layar 7 inci, audio system mampu membaca format DVD, dilengkapi konektivitas USB, Bluetooth, iPod/iPhone, Miracast, Weblink (waze access),dan Smart Phone Remote App pada tipe TRD Sportivo Grade.

Konsep Stylish Urban Cruise diubah sesuai dengan generasi terbaru menjadi “A New Revolutionary Urban Cruise”. Desain eksterior All New Rush berubah signifikan lebih “Modern & Dynamic”. Lampu utama berdesain pipih dengan tambahan LED menyatu secara harmonis berbalut grille dan bumper sporty. Velg Alloy 17 inci (TRD Sportivo) yang dicover dengan ban 215/60 dan ground clearance setinggi 220 mm.

Lampu LED memunculkan kesan mewah meninggalkan desain kotak horizontal selaras dengan tren SUV saat ini. Lampu depan berteknologi LED reflector ini juga dapat memberi pencahayaan yang lebih terang merata. All New Rush juga hadir dengan fitur Auto Headlamp pada tipe TRD Sportivo.

Sebagai kelas seven seater, mobil ini mampu mengakomodir 7 penumpang dengan nyaman dan masih menyisakan ruang di bagasi. Ban serep yang biasanya berada di pintu bagasi, kini dipindahkan ke bagian bawah agar terlihat lebih modern. Fitur – fitur baru disematkan untuk melengkapi modernitas mobil berkapasitas mesin 1500 cc tersebut.

“Ini adalah fitur – fitur yang dibutuhkan pada jaman now,” terang Anton Jimmy, selaku Executive General Manager PT TAM. Fitur keselamatan hadir lebih lengkap. Semua line – up hadir dengan 6 airbag (driver, passenger, 2 side, 2 curtain) dan Vehicle Stability Control (VSC). Mobil yang diproduksi di Karawang ini juga dilengkapi dengan 3-point-seatbelts dan headrest untuk 7 penumpang, fitur Hill-Start Assistant berguna saat di jalan menanjak hendak melaju dari posisi diam, menghindari kendaraan mundur belakang.

Sementara line-up All New Rush hadir dengan empat pilihan dari 2 grade, yaitu G dan TRD Sportivo, masing – masing bertransmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. “TAM dengan pertimbangan sangat matang meluncurkan produk yang menarik ini, mobil SUV rasa MPV dengan tampilan gagah macho serta multifungsi, tentunya momen ini membantu kekuatan baru Toyota di Jawa Timur,” terang Hendra  Purnawan, Operation Manager Auto 2000 Jatim.

Senada dengan Hendra, Anton Jimmy mengungkapkan bahwa Toyota masih menduduki peringkat wahid di Jatim. Berdasarkan data Auto2000 sampai dengan Oktober 2017, pangsa pasar Toyota keseluruhan di wilayah Jatim tercatat sebanyak 34 ribu dari total market 107 ribu unit. Berdasarkan angka penjualan tersebut, Toyota masih bertengger di urutan pertama dengan total market sebesar 31,9 persen.

“Market share Toyota di atas 35 persen secara nasional dan menjadi yang pertama di Jatim, Untuk Toyota Rush sendiri memiliki pangsa pasar yang kuat dan masih dicari,” terang Anton. (lely)