Surabaya,(bisnissurabaya.com) – Siswa berkreasi. Itulah saat siswa-siswi SMA Muhammadiyah 10 Surabaya tampil dalam even SMAMX MBOIS 2K12. Sebagai sekolah yang memperhatikan perkembangan siswanya dalam hal kemampuan dan talenta, SMAMX sebutan untuk SMA Muhammadiyah 10 Surabaya tak hanya membekali anak didiknya dengan kemampuan akademis saja. Tetapi juga prestasi non akademis.

Jika ditelaah prestasi sebenarnya tak terbatas hanya pada sektor akademis saja, sektor non akademis siswa bisa meraih prestasi. Namun, dalam ruang lingkup pendidikan masih banyak sekolah yang belum memfasilitasi siswanya untuk mengembangkan bakat atau talenta yang dimiliki. Hal inilah yang membedakan SMAMX dengan sekolah lainnya.

Dimana di sekolah berbasis agama ini juga menerapkan sistem sekolah prestasi sebagai salah satu poin penting dalam kurikulum belajar mengajar. Hal itu dikemukakan, Kepala SMA Muhammadiyah 10 Surabaya, Ir Sudarusman. Ia yakin jika setiap personal siswa memiliki karakter dan potensi diri yang bervariasi.

Karena itu, dibutuhkan ruang gerak sebagai wadah siswa dalam proses pengembangan bakat dan talenta yang dimiliki. Salah satunya dengan even SMAMX MBOIS 2K17 yang dilaksanakan di BG JUNCTION Surabaya, bekerjasama dengan Surabaya Tv. Dalam event ini ditampilkan berbagai macam talenta siswa.

Tak hanya intern siswa SMAMX, juga berbagai pertunjukan yang dipersembahkan talent dari sekolah lain. Mulai SD, SMP, SMA hingga alumni. Menurut dia, SMAMX MBOIS 2K17 digelar guna memfasilitasi para pelajar, khususnya di Surabaya untuk menunjukkan bakat non akademis dihadapan publik. Lebih dari 20 penampilan meramaikan panggung SMAMX MBOIS 2K17, yang diikuti berbagai sekolah.

Diantaranya tari, musik, pecak silat, teater dan masih banyak penampilan memukai lainnya. Selain sebagai dukungan SMA Muhammadiyah 10 Surabaya dalam memfasilitasi siswa untuk berekspresi, SMAMX MBOIS 2K17 juga mencoba mengangkat kearifan lokal sebagai identitas original dengan ditampilkannya tarian tradisional, pencak silat dan teater kepahlawanan.

Event ini berhasil membuat pengunjung terpukau dengan aksi pelajar dalam mengekspresikan bakat mereka. Suasana semakin meriah ketika para suporter dari masing-masing penampil bersorak mengiringi idola mereka di atas panggung. Kedepannya dengan agenda kegiatan seperti SMAMX MBOIS 2K17 dapat menjadi rujukan, ataupun referensi sekolah lain untuk bisa menerapkan model pembelajaran yang sama, tak lagi hanya berkonsentrasi pada bidang akademis dengan mengabaikan bakat dan kemampuan siswa. Namun, secara seimbang dan berkesinambungan dapat mecetak bibit-bibit unggul lulusan yang tak hanya siap menjadi pekerja, namun bisa menjadi top person dalam dunia bermasyarakat. (timothy/stv)