Ngawi,(bisnissurabaya.com) – Untuk  lebih memantapkan kemampuan para duta wisata dalam menjalankan perannya perlu adanya upaya pembinaan. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Ngawi melakukan upaya pembinaan itu.

Pembinaan Duta Wisata Dimas Diajeng  berlangsung di Hotel Maksum Ngawi, Sabtu Minggu (25-26/11). Acara ini  merupakan  program tindak lanjut dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi terkait hal pemilihan Dimas Diajeng  Ngawi tahun pereode 2017, yang diwadahi oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora),  dibawah pimpinan Drs.Yuli Kusprasetyo didampingi oleh Kabid Ekonomi Kreatif Wiwien Purwaningsih. Pembinaan dihadiri oleh 30 Dimas Diajeng terpilih.

Kepala Disparpora Ngawi   Drs.Yuli Kusprasetyo membuka langsung  acara pembinaan duta wisata dari Dimas Diajeng ini. Dalam sambutannya Yuli juga menyinggung  materi atau pembekalan untuk para duta wisata.  Beberapa point yang harus difahami oleh para duta wisata  tour guide, public speaking, leadership, self reflektion dan table manner.

Secara  khusus Kadisparpora berharap  ajang pembinaan ini bisa  menjadi suatu pengalaman dan ilmu yang diperoleh menjadi berguna.  Dalam pembinaan ini juga dapat bermanfaat  bagi para duta wisata baik untuk karier atau dalam kehidupan sehari-hari.

Seorang duta wisata adalah sosok yang diharapkan dapat menjadi bagian terdepan di sebuah wilayah dalam menggali, memperkenalkan hingga kemudian menjadi bagian dari denyut kehidupan seni, budaya dan pariwisata daerah . Dan menunjukkan kalau memiliki niat baik dalam memberikan kontribusi bagi daerahnya. Harapan ini sesuai kutipan dari Dirjen Pemasaran Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

History awal penilaian mengandung ekspektasi serta filosofi daerah sehingga para pemenang diharapkan dapat benar-benar memahami dan menjalankan segala keagungan budaya luhur daerah  mereka berasal. Tampilan fisik mereka yang tentu ‘menjual’ dan lebih memiliki daya tarik diatas rata-rata fisik usia sebaya. Melakukan promosi media sosial  kekuatan dunia maya dapat dikerahkan untuk membangun image terbaik dari daerah asal Duta Wisata bertugas dan memberikan wacana terbaik. Duta Wisata Daerah bangga mem-pamerkan keindahan seni, budaya dan potensi wisata daerah sendiri. Duta Wisata dihadapkan dengan ragam tanggungjawab yang komplek kemampuan komunikasi yang luwes terjun langsung di lapangan memandu pendatang.

Duta Wisata merupakan sosok pemuda yang kreatif, inovatif, percaya diri, berpengalaman dan berjati diri. Hal itu ditunjang oleh penampilan yang simpatik, yang kemudian diarahkan untuk dapat menggapai visi terwujudnya duta wisata sebagai generasi yang berkualitas, santun, berdedikasi untuk melestarikan budayanya. “Selain itu duta wisata  juga dapat berperan aktif dalam mempromosikan kepariwisataan yang beraneka ragam. Peranan dan kontribusi mereka sebagai duta wisata yang notabene “ikon”nya daerah,” tandas Yuli. (eko)