Malang,(bisnissurabaya.com) – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang  ditandai dengan berbagai rangkaian acara. Mulai dari kegiatan lomba, ziarah, uapacara  hingga panggung hiburan.

Dalam  beberapa pekan ini  masyarakat Kabupaten Malang telah memperingati hari jadi Kabupaten Malang ke – 1257.   Yang diisi dengan rangkaian kegiatan oleh Bupati Malang H. Rendra Kresna dengan acara – acara budaya, hiburan, dan rangkaian kegiatan – kegiatan guna meramaikan serta memajukan budaya dan pesona Kabupaten Malang.

Selain itu masyarakat pun diajak mengingat para pendahulu dengan berziarah ke beberapa makam tokoh bersejarah bagi Malang. Ziarah tersebut akan diawali di Makam Ki Ageng Gribig, Selasa (28/11/). Kegiatan ini  dipimpin oleh Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna diikuti  jajaran organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Kabupaten Malang, Suwadji menjelaskan  ziarah ke Makam Ki Ageng Gribig sudah menjadi agenda rutin tahunan bagi Kabupaten Malang saat menggelar hari jadinya. “Ki Ageng Gribig merupakan tokoh yang membabat alas wilayah Malang. Kami akan berdoa di pusaranya, seraya menyampaikan harapan agar masyarakat Kabupaten Malang diberi keberkahan dan kesejahteraan,” ucap Suwadji.

Usai ziarah di Makam Ki Ageng Gribig, rombongan  berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Samaan, TPU Kasin Kota Malang dan TPU Lawang. Setelah berziarah, mereka akan langsung menuju di Halaman Pendopo Kabupaten Malang, di  Kepanjen untuk mengikuti Upacara Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1257. Yang dilanjutkan dengan agenda Rapat Paripurna Istimewa.

Pada malamnya  digelar puncak acara yang  diisi dengan dengan makan malam, penampilan Tari Beskalan dan Tari Gianyar Bali. Juga  penyerahan beragam penghargaan di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan KH. Agus Salim. Dianjutkan pagelaran   wayang  semalam suntuk sebagai puncak acara hari jadi Kabupaten Malang. (bal/yul)