(bisnissurabaya.com) – Bagi warga kota Surabaya, banyak alternative untuk menghabiskan liburan. Baik liburan sekolah, Natal dan malam pergantian tahun baru. Bila di luar kota ada Taman Safari Prigen, Gunung Bromo, Selecta, Kawah Ijen, Air Terjun Sedudo, di Surabaya terdapat Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang tak kalah menariknya. KBS-pun selalu selalu menjadi jujukan pengunjung saat liburan, khususnya akhir tahun. Kebetulan, juga berbarengan dengan libur pajang anak sekolah.

Salah satu wahana wisata di KBS yang paling digemari pengunjung adalah tunggang gajah. Bahkan, tiket untuk wahana tersebut selalu habis terjual atau “sold out” sejak pukul 14.00 WIB.

Gunung Kelud. (foto/patrik)

 

Bahkan, sekitar area tunggang gajah, puluhan pengunjung rela mengantre dengan berbaris di pintu masuk area.

“Ini kami sedang antre tiket tunggang gajah mumpung libur weekend bersama anak dan keluarga,” ujar Silfa Harfani, salah satu pengunjung. Humas KBS, Laily Widya Arishandi, mengatakan pengunjung KBS tak hanya warga Surabaya, melainkan juga dari daerah sekitar Surabaya seperti Sidoarjo, Gresik dan Mojokerto dan Madura.

Selain itu, meningkatnya jumlah pengunjung KBS ini dipengaruhi sejumlah faktor yang dilakukan oleh manageman KBS. Pertama adalah persoalan harga karcis yang tergolong murah dan akses terjangkau. Kemudian respon positif perbaikan dengan pembenahan kondisi KBS.

“Sepeti banyak yang bicara kok KBS sekarang tidak bau lagi, kok jalannya sudah bagus, koleksi satwa nya sehat. Belum lagi dengan isu yang aneh-aneh justru menyumbang sekian persen seperti masalah orang utan yang hamil. Saat ini angka kematian satwa yang turun menyebabkan orang percaya bahwa managemen sudah berubah,” tambahnya.

Pantai Tanjung Papuma. (foto/patrik)

Saat libur tahun baru, biasanya di kebun binatang yang konon koleksinya terlengkap se-Asia Tenggara itu, disediakan berbagai wahana permainan dan kesempatan berinteraksi langsung dengan satwa. Selain tunggang gajah, juga ada tunggang unta, keeper talk Binturung, feeding time Komodo, dan keeper talk Beruang.

Selain itu, disediakan juga hiburan lainnya seperti kesenian jaranan, kolam renang, wisata perahu, dongeng satwa, live musik, wahana aquarium, children zoo, bom-bom car, trampolin, outbond, dan flying fox.

Selain KBS, tempat hiburan yang menjadi jujukan para pengunjung dihari libur yakni taman wisata Pantai Kenjeran. Tempat wisata ini merupakan wisata pantai di Surabaya yang paling banyak didatangi pengunjung saat lebaran. Tempat wisata ini tak hanya menawarkan wahana berenang di pantai, tapi banyak tempat yang bisa dinikmati saat kita berkunjung ke taman wisata Pantai Kenjeran. Seperti kolam renang, kya-kya shio, monumen dewa catur muka dan masih banyak wahana lainnya.

Selama libur panjang mulai Natal dan tahun baru Ken Park Kenjeran ramai di kunjungi pengunjung dari berbagai kota yang ada di Jawa Timur (Jatim)

Pagoda Kenjeran. (foto/patrik)

Kepala Keamanan Ken Park Kenjeran, Muhammad Toha, mengatakan sebelum Natal, pengunjung mulai berdatangan dari warga kota Surabaya, kerena bertepatan libur sekolah. Setelah mamasuki tahun baru, pengunjung dari dalam kota maupun luar kota setiap hari makin membeludak. Yang paling jauh kebanyakan dari Gresik, Mojokerto dan Bangkalan. “Untuk menarik perhatian para pengunjung Water Park Kenjeran Surabaya ini pihak pengelola menyediakan kolam renang disamping pengunjung melihat pemandangan laut di sebelah timur,” katanya.

Sebelah timur pengunjung bisa melihat keindahan laut yang ada di kenjeran ini. Diperkirakan,  selama libur panjang ini kurang lebih 100.000 pengunjung akan memadati Pantai Kenjeran

“Tiket masuknya Rp 15.000 sudah termasuk parkir mobil dan motor, namun beda untuk tiket masuk kolam renang,” ujarnya. (ton)