Banyuwangi,(bisnissurabaya.com) – SEIRING banyaknya even di Banyuwangi, membuat berbagai usaha berkembang. Salah satunya usaha sewa baju mirip Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) dan karnaval. Jasa sewa baju karnaval ini dikelola Nansi. Usaha penyewaan baju karnaval ini buka di Salon Nova, kawasan Sumberayu, Muncar. Nansi mengelola usaha ini sekaligus salon sejak tiga tahun silam.

“Kami merintis usaha ini bermodal kepercayaan,” ucapnya kepada Bisnis Banyuwangi, belum lama ini. Kebetulan, Nansi, dipercaya rekan mengelola usaha salon dan penyewaan baju. Berbekal keterampilan menjahit yang dimiliki, baju-baju tersebut didesain dan dia bikin sendiri. Modal untuk merintis usaha ini Rp 10 juta.

Saat ini sudah puluhan model baju berhasil dia buat. Dari model baju BEC dan Jawa modern. Diantaranya, baju koleksinya diberi judul sumber kemuning, mupus baen, Bali tersenyum dan putri sejagad merah putih. “Model merah putih ini, model terbaru tahun ini,” ucapnya. Tiap tahun, Nansi mengaku membuat model baru. Proses pembuatan satu baju bisa selesai dua hari. Baju buatan Nansi ini memberi kesan mewah dan elegan. Untuk bahan dibeli dari Jember dan Surabaya.

Tarif sewa baju mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 1,5 juta. Selain melayani jasa sewa, Nansi juga melayani permintaan pembuatan baju. Tarifnya Rp 4,5 juta hingga Rp 5 juta per item. Biasanya untuk baju-baju khusus buat manggung. Agustus menjadi bulan paling laris permintaan jasa sewa baju. Di bulan ini Nansi bisa melayani samapai 35 permintaan jasa sewa. Selain datang langsung ke salonnya, dia juga kerap dikontrak sekolah untuk menangani rias plus baju untuk kegiatan karnaval. (tin)