(bisnissurabaya.com) – Inovasi terus digenjot. Pertamina mengoptimalkan layanan dengan meluncurkan aplikasi Bright Home Service perdananya di Fresh Market Citraland Surabaya, pekan lalu. Aplikasi ini merupakan pelayanan pesan antar (home delivery) berbasis digital melalui mobile phone yang memudahkan konsumen dalam melakukan pemesanan dan pembelian produk LPG. Yakni, Bright Gas 5,5 kg dan Bright Gas 12 kg, serta LPG 12 kg untuk kebutuhan sehari – hari.

“Layanan ini memudahkan konsumen  memesan produk LPG lewat aplikasi mobile phone dengan jaminan pelayanan profesional dan tepat waktu hingga diantar ketangan konsumen,” terang Vice President Domestic Gas, Kusnendar, disela peluncuran Aplikasi Bright Home Service di Bright Foodcourt, Citraland Fresh Market Surabaya, pekan lalu.

Ia menambahkan, aplikasi tersebut hadir sebagai salah satu upaya pertamina untuk terus melahirkan inovasi baru yang menunjang kebutuhan konsumen. Disisi lain, dapat mendukung penjualan dan pemasaran Bright Gas. “Bright home service sebagai tantangan menghadapi era digital dengan berbagai kemudahan. Kita bisa melayani langsung kealamat, selain kemudahan juga lebih terjamin kualitasnya,” tambahnya.

“Citraland ini baru pertama kali dilaunching menjadi pilot project, karena daerah sini lumayan agak susah cari Bright Gas. Dari 80 tenant, target 3 hari sekali mereka ganti gas. Makanya uji coba ini kita lakukan kalau bisa melayani masyarakat lebih baik di perumahan ini,” ucapnya menjelaskan. Selain itu, Depo Pertamina Bright Gas permanen di depan Fresh Market Citraland akan memudahkan pelanggan memperoleh gas secara cepat.

Program tersebut disambut baik oleh pihak Citraland. Sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat khususnya pedagang di area Fresh Market maupun penghuni perumahan.

“Program ini kita bantu pemerintah dalam hal ini Pertamina untuk konversi gas dari gas melon ke Bright Gas yang lebih aman. Nantinya akan disosialisasikan, prinsipnya mendekatkan Bright Gas ke konsumen. Harapannya pedagang bisa lebih aman dengan memakai Bright Gas,” kata Kunadi Tanggono, City Manager Perumahan Citraland.

Untuk tahap awal, Kota Surabaya menjadi pilot project (uji coba) aplikasi di empat wilayah kecamatan. Meliputi Kecamatan Sukomanunggal, Kecamatan Sambikerep, Kecamatan Dukuh Pakis dan Kecamatan Sawahan. Kedepan, aplikasi Bright Home Service ditargetkan dapat menjangkau seluruh konsumen secara nasional pada pertengahan 2018. Rencananya akan dikembangkan keseluruh kota besar nanti.

“Walaupun aplikasi seperti ini sudah ada tapi masing – masing agen (lokal). Belum pertamina secara serentak, nanti program kita mengintegrasikan itu semua,” pungkas Kusnendar.

Menurut data, tren Bright Gas 5,5 Kg cukup bagus. Meskipun pertumbuhan di sektor non PSO ini memang belum terlalu kelihatan. Hingga bulan ini konsumsi Bright Gas sudah naik menjadi 150 persen. “Kenaikan yang luar biasa karena mindset masyarakat yang makin sadar,” tutupnya. (lely)