(bisnissurabaya.com) – Optimis lampaui target laba bersih tahun ini. PT Sariguna Primatirta Tbk  sebagai produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan produk unggulan air murni Cleo, melaporkan paparan kinerja keuangan di kuartal ketiga yang berakhir 30 September 2017 lalu.

Sejak menjadi perusahaan publik dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 5 Mei 2017, PT Sariguna Primatirta Tbk berupaya mengembangkan serta menghasilkan produk minuman berkualitas tinggi, inovatif, dan mudah didapatkan melalui proses produksi berstandar internasional dan terintegrasi dengan jaringan manufaktur yang tersebar seluruh Indonesia.

Tahun ini dirasakan sebagai tahun yang penuh tantangan, di mana dari hasil riset industri sektor fast moving consumer goods (FMCG) yang diterbitkan oleh Nielsen Indonesia, dilaporkan pertumbuhan nilai penjualan kelompok AMDK sebesar 3,8 persen untuk periode bulan Januari sampai dengan Agustus 2017. Dibandingkan periode bulan Januari s/d Agustus 2016. Sedangkan dari sisi kuantitas penjualan malah terjadi penurunan penjualan sebesar 1,4 persen untuk periode yang sama.

Namun demikian sampai dengan kuartal ketiga tahun 2017, Perseroan telah berhasil membukukan kinerja keuangan periode bulan Januari sampai dengan September 2017 dengan hasil yang cukup baik dimana Perseroan mencatatkan penjualan konsolidasi sebesar Rp 440 Milyar atau meningkat sebesar 12,5 persen dari penjualan periode yang sama tahun 2016 yaitu sebesar Rp 391 Milyar.

Selain itu Perseroan juga membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp 38,1 Milyar atau meningkat sebesar 40 persen dari laba bersih konsolidasi periode yang sama tahun 2016 sebesar Rp 27,2 Milyar. Dengan pencapaian laba bersih sampai dengan kuaital ketiga tersebut Perseroan optimis untuk melampaui target laba bersih Perseroan pada tahun 2017 sejalan dengan puncak (peak season) penjualan air minum dalam kemasan di bulan Oktober dan Nopember 2017.

“Situasi sekarang cenderung sangat kompetitif sekali, untuk itu kita melakukan gerakan agar konsumen mudah mendapatkan produk,” terang Eko Susilo, selaku Direktur Operasional PT Sariguna Primatirta Tbk.

Untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan di tahun mendatang maka Perseroan akan terus melakukan pengembangan jaringan distribusi baik distribusi internal maupun distribusi ekstemal di seluruh wilayah Indonesia.

“Untuk distribusi internal saat ini jumlah cabang penjualan telah mencapai 66 cabang dan akan ditambah sampai dengan 80 cabang sampai dengan akhir tahun 2017,” tambah Toto Sucartono, selaku Direktur Marketing and Sales PT Sariguna Primatirta Tbk.

Sedangkan jumlah jaringan distribusi eksternal saat ini adalah sejumlah 114 cabang dan akan bertambah sampai dengan 120 cabang sampai akhir tahun 2017. Pengembangan jaringan distribusi ini bertujuan agar produk Cleo dapat dijangkau oleh seluruh kalangan konsumen di Indonesia dengan proses distribusi yang lebih cepat dan tepat sebagai komitmen Perseroan dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan.

Perseroan optimis ekspansi ini dapat meningkatkan target penjualan. Seluruh komitmen Perseroan ini merupakan wujud dari semakin meningkatnya kepuasan dan kepercayaan konsumen dan para stakeholders terhadap produk dari PT Sariguna Primatirta Tbk yang merupakan produk AMDK hasional yang menjadi kebanggaan Indonesia. (lely)