Sejumlah orang berada dikawasan Monumen Kresek

Madiun,(bisnissurabaya.com) – Monumen Kresek yang berada diwilayah Kecamatan Wungu dalam waktu dekat akan dijadikan sebagai destinasi wisata kawasan lereng Pengunungan Wilis.

Pemerintah Kabupaten [Pemkab] menargetkan pembenahan infrastruktur jalan penghubung ketempat-tempat potensi wisata.

Mengingat di lereng Pengunungan Wilis  banyak potensi wisata yang harus dibenahi. Tidak hanya Monumen Kresek,  air terjun disejumlah titik,  kebun durian, buah-buahan yang lain dan bisa dipetik dilokasi juga harus diperhatikan.

 “Ada petilasan Ngurawan Kecamatan Dolopo, Nglambangan Kecamatan Wungu serta seni budaya Dongkrek. Sedangkan wisata rilijinya yaitu  makam dan Masjid Sewulan Kecamatan Dagangan serta komplek  makam Kuncen-Caruban,” kata Bupati Madiun, H. Muhtarom seusai menjadi Irup Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kresek, Minggu (1/10).

Ia menjelaskan untuk mendukung kegiatan pariwisata yang ada dilereng-lereng Pegunungan ,Pemkab Madiun telah menganggarkan dana untuk membangun infrastruktur yang menuju lokasi wisata.

“Saya berharap dalam pengerjaan wisata disejumlah lokasi, ada sering dari pihak desa. Terutamanya kepala desa yang punya potendi wisata, segera diberdayakan. Sistem pengelolaanya juga diserahkan kepada BUMDes untuk meningkatkan pendapaataan desa itu sendiri,” ujarnya.[ajun]