Ngawi,(bisnissurabaya.com) – Balai  Latihan Kerja (BLK)  Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja (Perindagnaker) Kabupaten Ngawi  mengadakan pelatihan ketrampilan. Adapun pelatihannya meliputi  jenis komputer,salon, jahit, bengkel dan boga.

Kabid Ketenagakerjaan Dinas Perindagnaker Ngawi  Wiwin Sumarti  menjelaskan program kegiatan ini diselenggarakan  tiap tahun. Berupa pelatihan kerja yang beralokasi di gedung UPT BLK Kab. Ngawi, diambilkan dana dari anggaran cukai.

Untuk tahun ini peminatnya  bertambah pesat  untuk mengikuti pelatihan. Dengan alasan bisa didapatkan bermacam skill yang sangat berkwalitas  untuk menghadapi pasar bebas saat ini.  Selain itu masyarakat ada juga pertimbangan lain, biaya yang besar untuk mendapatkan berbagai ilmu kalau ditempuh dengan cara privat, itupun siswa tidak bisa banyak menuntut paket teori dan praktek yang diajarkan.

Perbedaannya di BLK yang diadakan oleh Dinas Perindagnaker sangat terbuka luas apapun yang diinginkan asalkan sesuai bidang yang diajarkan.  Di BLK terbuka untuk mendapatkan berbagai pertanyaan terkait skill yang biasa terjadi di lapangan, saat pelatihan itu juga semua akan terjawab. Maka betapa pentingnya selain sarana juga instruktur profesionl yang bersertifikasi,oleh peserta untuk menambah pengetahuan atau teori secara langsung pada praktek.

Instruktur Dony Narendra menyampaikan salah satu jenis pelatihan komputer  diikuti oleh 16 peserta, dengan berbagai materi yang diajarkan. Menyampaikan akan berlatih cara melakukan advertising mulai disine, coreldraw dengan membuat stempel, spanduk, pin dan cetakan-cetakan di gelas, cetakan diplastik dan membuat undangan dan sablon di kaos.

Kabid Ketenagakerjaan  Wiwin menambahkan  pelatihan ini diambilkan dari anggaran dana cukai. Akan dipakai untuk kegiatan sejumlah 15 jenis pelatihan pada 2017 ini, masing-masing ada yang dua paket dan ada yang satu paket. Adapun pelatihannya meliputi  jenis komputer,salon, jahit, bengkel dan boga. Tiap jenis ketrampilan diikuti kurang lebih 16 peserta selama 20 hari, pesertanya masih  masa usia produktif. (eko)