Surabaya,(bisnissurabaya.com) – Berlibur bersama keluarga sangat menyenangkan. Juga untuk menghilangkan rasa stres selama berkerja. Orang lebih memilih tempat yang nyaman dan asri untuk melupakan hiruk pikuk selama beraktifitas di kantor. Ditengah kepadatan dan banyaknya gedung pencakar langit, Surabaya memiliki banyak ruang hijau. Seperti, Hutan Bambu dan Taman Harmoni, di kawasan Keputih Sukolilo, Surabaya.

Hutan Bambu, dari namanya sudah pasti terdapat banyak bambu di lokasi. Yang berbeda, biasanya bambu tumbuh dengan berantakan dan terkesan menakutkan. Tapi, di obyek wisata yang terbilang baru di Surabaya ini, malah tersusun rapi dan tampak Indah. Sehingga, sayang untuk mengabadikan potret momen ketika berkunjung. Yaaa……., tentunya asyik untuk berselfi dan berdua untuk memadu kasih.

Terutama saat weekend, tak akan asing melihat banyak orang membawa tikar untuk duduk bercengkrama bersama saudara dan teman. Sebenarnya disini juga ada tempat duduk yang terbuat dari bamboo. Hanya saja, kapasitasnya kurang jika untuk beramai – ramai. Menurut kebanyakan pengunjung yang datang, suasana disini tenang, nyaman, jauh dari kebisingan. Jadi, bisa buat menenangkan pikiran. Hanya saja, ada sedikit kekurangan dalam kebersihannya.

“Disini kurangnya cuma minim tong sampah,” kata Dicky, salah satu pengunjung Hutan Bambu. Tak usah khawatir kelaparan, disisi jalan Hutan Bambu ini juga banyak pedagang kaki lima. Lokasi ini terbuka untuk umum, tanpa terkecuali. Namun, pengunjung tak diperkenankan membawa benda yang dapat mengakibatkan kebakaran.

Misalnya,  rokok. Karena di Hutan Bambu rawan kebakaran. Jika sudah bosan menikmati rindangnya Hutan Bambu, wisatawan bisa beralih keseberang jalan. Disana terdapat Taman Harmoni. Lokasi yang berdekatan ini membuat lebih ekonomis untuk berlibur. Mendatangi dua tempat berbeda tanpa perlu buang banyak beaya.

Taman Harmoni biasa disebut Taman Sakura. Dulu, lokasi ini adalah tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang kemudian direlokasikan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Disini, banyak bunga berbagai jenis, yang ditanam berkelompok dengan jumlah yang besar. Jalanan taman tampak rapi dengan pavingan dan bersih dari sampah.

Dengan tersedianya tempat duduk yang cocok untuk nongkrong, juga taman bermain yang cukup luas dan rimbun menambah asyiknya saat berlibur. Selain itu terdapat fasilitas kantin dan toilet. Kedua tempat ini belum ramai seperti Taman Bungkul yang sudah dikenal masyarakat. Karena lokasinya di pinggiran kota Surabaya.

Dan keberadaannya masih baru. Pengunjung kedua tempat itu masih dari warga sekitar Surabaya. Untuk tiket masuk tak perlu khawatir, kedua lokasi ini gratis dan terbuka untuk umum. Pengunjung hanya membayar parkir Rp 3000. Dari dua tempat wisata ini terdapat tiga lahan parkir. Satu di pintu masuk Hutan Bambu dan pintu masuk Taman Harmoni, serta  disisi kiri Taman Harmoni.

Lokasinya sudah terekspose Google MAP, juga letaknya yang berada tepat di belakang Terminal Keputih, mempermudah dalam pencarian. (aldilla diera)