Tuban,(bisnissurabaya.com) – Untuk memantau  penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dilakukan monitoring dan evaluasi (Monev). Termasuk didalamnya memeriksa kelengkapan laporan realisasi dan administrasinya.

Pemkab Tuban melalui Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa dan KB melakukan monev DD dan ADD 2016. “Monev ini untuk memantau sejauh mana penggunaan DD dan ADD,” jelas Mahmudi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan KB Kabupaten Tuban, pekan lalu.

Ditambahkan, monev ini sudah dimulai sejak 6 Juli lalu dan akan berakhir pada 9 Agustus mendatang.  Tim monev dari Dinas PMD dan KB  melibatkan pendamping dari Kementerian Desa.

Pelaksanaan monev dilakukan di 20 kecamatan se Kabupaten Tuban. Selain masing-masing Kepala Desa dan Sekdes, tim monev juga mendatangkan pelaksana pembangunan desa dan bendahara desa. Sehingga, jika ada kekurangan adminstrasi pengelolaan keuangan bisa  dibenahi saat itu juga.

Selain masih ada sejumlah desa yang administrasinya debenahi, lanjut Mahmudi, tim monev juga menemukan pengalokasian anggaran yang kurang tepat, sehingga harus dibenahi.

“Hasil monev ini juga bisa digunakan pihak desa dalam mengelola keuangan desa, termasuk pengadministraisannya. sehingga pengelolaan keuangan desa 2017 tidak banyak administrasinya yang kurang,” tambah Mahmudi.

Meski begitu, secara umum penggunaan DD maupun ADD sudah memenuhi syarat, hanya soal pengadministrasiannya yang harus dibenahi. Pihaknya, yakin dengan adanya pedamping desa baik yang dari Kemendes maupun APBD Tuban mampu membimbing desa untuk melakukan pembenahan.

Kabupaten Tuban pada 2017 ini mendapatkan jatah DD dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 252.388.557.000. Sementara untuk ADD dianggarkan sebesar Rp 113.747.821.300. Tahun 2017 ini hampir 311 desa se Kabupaten Tuban ini sudah mencairkan dana desa pada tahap pertama dan sudah dipergunakan sesuai keputusan musyawarah desa.

Sementara itu menurut Muhimmudin, Koordinator Pendamping Desa Kemendes di Tuban menyatakan, pengadministrasian pengelolaan keuangan di desa sudah lebih baik dibanding sebelumnya. (oso)