(bisnissurabaya.com) – Tahun ajaran baru memberikan berkah bagi penjual baju seragam sekolah. Salah satunya dirasakan penjual seragam di Pasar Blauran Baru. Pemilik Kios Seragam Sekolah, Umik, mengungkapkan, penjualan seragam sekolah meningkat drastis. Bahkan, peningkatannya 50 persen dibanding hari biasa.

Dari sekian jenis seragam, penjualan pakaian Sekolah Dasar (SD) yang paling banyak dibeli. Setiap tahunnya penjualan seragam SD selalu unggul daripada pakaian sekolah lainnya. “Banyak yang mencari seragam SD dibandingkan SMP dan SMA. Baik tahun ini maupun tahun sebelumnya,’’ kata Umik.

Seragam sekolah dibandrol mulai Rp 76.000 sampai Rp 150.000. Tingkatan harga bergantung dengan ukuran seragam yang dibeli. Masalah peningkatan tak hanya berkaitan dengan kuantitas pembelian seragam. Menurut Umik, harga seragam 2017 juga mengalami kenaikan 50 persen dibandingkan tahun lalu.

Hal ini karena siswa SD yang biasanya menggunakan lengan pendek, kini harus berlengan panjang yang harganya lebih mahal. Banyak pembeli yang mencari seragam sekolah untuk anak-anaknya. Titik, salah satu pembeli menceritakan pengalamannya yang selalu membeli seragam sekolah setiap tahunnya. Dia selalu mengupayakan membeli seragam baru meski sekolah memberikan jatah bahan pakaian kepada anaknya.

Semua ini dilakukannya karena lebih menyukai membeli seragam dalam bentuk jadi dibandingkan yang masih berupa kain. “Saya lebih suka beli seragam. Jadi siap pakai karena praktis tidak perlu repot untuk menjahit dari bahan kain,” ujarnya. (meta)

BAGIKAN
Berita sebelumyaPedagang Seragam Panen
Berita berikutnyaKomite Sekolah Dilarang Pungut Biaya