(bisnissurabaya.com) – Nama Kota Bengkulu sudah kita kenal sejak zaman Sekolah Dasar (SD) dulu. Mengapa? Karena ciri khas yang dimiliki kota bersejarah ini, yakni bunga Rafflesia Arnoldii. Yaaaa……., dalam pelajaran sejarah kota Bengkulu sering disebut-sebut, itu dikarenakan kota ini banyak menyimpan kekayaan sejarah yang terjadi pada masa penjajahan dulu. Peninggalan sejarah banyak mengisi sudut kota Bengkulu. Salah satu yang tak boleh dilupakan untuk kita kunjungi adalah benteng Inggris yang bersejarah, Fort Marlborough.

Benteng peninggalan dari Inggris yang sempat menjajah Indonesia ini masih berdiri kokoh di Bengkulu. Bangunan benteng terlihat kontras dengan keadaan kota yang sudah berganti modern. Kemegahan benteng seakan menggambarkan kekuatan Inggris saat penjajahan dulu. Benteng identik berdiri kokoh menghadap laut lepas, sama, Benteng Fort Marlborough ini pun menghadap laut. Pada zaman dulu, Inggris bisa dengan mudah menembak musuh yang masih berada jauh di laut dengan meriamnya. Dalam benteng ini pun masih tersimpan rapi berkas-berkas peninggalan zaman itu. Kekayaan sejarah yang sayang untuk dilupakan dan tak dilestarikan.

Untuk mengunjungi benteng ini, setelah mendarat di Bandara Fatmawati-Soekarno Bengkulu, teman-teman bisa menuju benteng dengan menggunakan angkutan kota menuju Pasar Panorama lalu berganti angkutan menuju Kampung Cina. Benteng Fort Marlborough berada dekat Kampung Cina. Tunggu apa lagi, yang mencintai sejarah jangan lupa untuk mengunjungi wisata bersejarah yang satu ini.(bagus supomo)