Malang,(bisnissurabaya.com) – Kota Batu akan segera memiliki destinasi wisata baru,   Wisata Edukasi Susu. Wisata itu akan bertempat di KUD Susu Kota Batu.

Selain pabrik pengolahan susu KUD Susu Batu akan menjadi salah satu pilihan singgah untuk para wisatawan. Selain berwisata dan berlibur, isatawan juga bisa mendapat edukasi tentang memerah susu sapi, pengelolahan susu sapi, dan berbagai macam olahan dari susu sapi.

Ketua KUD Batu, H Ismail Hasan mengatakan KUD sebagai wisata edukasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan pariwisata di Kota Batu. Selain itu juga untuk meningkatkan produksi susu di Kota Batu.

“Tidak hanya gemar minum susu, tetapi juga jadi tahu proses produksi susu itu sendiri. Nanti akan dibangun beberapa spot untuk mendukung lokasi ini jadi wisata edukasi susu Batu,” kata Ismail  di Batu, Kamis (11/5).

Di antara spot yang akan dibangun adalah playground, baby zoo, lokasi pemerahan susu sapi, labirin, dan sebagainya. “Masyarakat sekitar bisa memanfaatkan peluang ini. Kami juga akan menggandeng UMKM,” terangnya.

Sebenarnya, sudah ada beberapa wisata edukasi susu sapi di Kota Batu, seperti Kampung Sapi di Beji, Kecamatan Junrejo. Publik Relation Kampung Sapi, drh Nunik Yulianti Rihardini mengatakan pihaknya terus mengembangkan inovasi demi inovasi,” kata Nunik. (bala/yul)