Semen Indonesia Dirikan Sekolah Vokasi AKSI

44

Rembang,(bisnissurabaya.com) – Momen peringatan Hari Pendidikan Nasional ke-58 tahun ini terasa berkesan bagi perusahaan pelat merah produsen semen ini. PT Semen Indonesia (Persero)  meresmikan sekolah vokasi Akademi Komunitas Semen Indonesia (AKSI) di Rembang dan Pidie, Aceh.

Peresmian AKSI dilakukan  di Kampus AKSI Jl.  Pemuda Km 3 Rembang. Peresmian dilakukan oleh Direktur Jendaral Kelembagaan IPTEK DIKTI Patdono Suwignjo dan disaksikan Komisaris Utama Semen Indonesia, Sutiyoso, Direktur SDM dan Hukum Semen Indonesia Agung Yunanto serta Direktur Utama Semen Gresik, Sunardi Prionomurti.

Direktur SDM dan Hukum Semen Indonesia, Agung Yunanto mengatakan melalui Semen Indonesia Foundation, Semen Indonesia telah mendirikan vokasi D2 Akademi Komunitas Semen Indonesia (AKSI). “AKSI telah berdiri di Gresik tahun 2013 dan hari ini kami meresmikan AKSI di Rembang dan Pidie, Aceh,” ujar Agung Yunanto.

Ditambahkan, AKSI Rembang memiliki 3 prodi pendidikan yakni Teknik Operasi Mesin dan Peralatan Industri, Teknik Perawatan Mesin Industri, dan Otomasi Perkantoran. Setiap prodi ditargetkan memiliki 30 mahasiswa dan memulai proses belajar pada September tahun ini

“Kehadiran AKSI mendapat sambutan positif dari dunia industri. Seperti di Gresik, banyak perusahaan yang telah siap memperkerjakan mahasiswa AKSI jika kelak mereka lulus. Sebagai wujud tanggung jawab perusahaan terhadap dunia pendidikan nasional, AKSI nantinya akan didirikan di tempat pabrik kami lainnya, seperti di Kupang, Nusa Tenggara Timur,” ujar Agung Yunanto.

Sementara itu Direktur Jendaral Kelembagaan IPTEK DIKTI Patdono Suwignjo mewakili Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia mengapresiasi didirikannya sekolah vokasi AKSI oleh Semen Indonesia.

Menurut Patdono Suwignjo, sejak tahun 2013 pemerintah telah menerbitkan 90 ijin pendirian sekolah vokasi. Namun, hingga saat ini haya 50 sekolah yang berjalan, satu diantaranya AKSI. “Lainnya tidak bisa berjalan karena tidak memiliki kerjasama dengan dunia industri,” tambahnya. (oso)