Surabaya,(bisnissurabaya.com)  -Dunia kedokteran terus berkembang. Cara konvensional makin tertinggal oleh berbagai penemuan baru. Baru-baru ini, mahasiswa Program Studi (Prodi) pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) menciptakan alat tes golongan darah dan Rhesus yang akurat, praktis, dan bermanfaat di dunia kesehatan. Mereka menamakan alat ini ‘Goldarhes’.

Penemuan Goldarhes dilatar belakangi oleh tingginya tingkat kematian akibat kasus kecelakaan, karena kelalaian tim medis dalam menentukan Rhesus serta diagnosis penyakit dari kadar glukosa darah. Ekonomis, portable, dan tepat guna. “Apabila ada suatu kasus kecelakaan, orang tersebut akan cepat ditentukan golongan darahnya,”terang Satria Manggala Liastra, sebagai ketua Tim Goldarhes.

Proses pembuatan alat sendiri memakan waktu sekitar 2,5 bulan, digarap oleh 5 orang mahasiswa yang tergabung dalam Tim Medical Squad. Goldarhes memanfaatkan sensor Fotodioda dan LDR untuk menentukan penggunaan mikro kontrol.”Kami menggunakan mikro kontrol Arduino karena lebih terjamin efektifitasnya,”ucap Satria.

Sebagai alat cek golongan darah dan Rhesus tercepat dan akurat pertama kali di dunia, Satria berharap produk ini mampu mengurangi tingkat kematian serta sebagai sumbangsih di dunia kesehatan. Karena berbagai keunggulan Goldarhes mampu mengalahkan tes golongan darah dengan cara konvensional yang membutuhkan waktu lebih lama.

“Produk ini sangat efektif dengan konsep 2 in 1. Melakukan cek golongan darah sekaligus menentukan Rhesus hanya dalam waktu 10 detik, alat konvensional sekitar 2-5 menit,”imbuh pria bongsor ini. Selain itu, ke depan alat ini akan dirancang berbasis android dan bisa diaplikasikan langsung melalui Hand Phone (HP) oleh setiap pengguna dengan cara mendownload di playstore.

“Saat ini kami masih memproses. Fitur ini akan kami tambahkan dua minggu lagi. Kami masih merahasiakan fitur androidnya,”papar Satria. “Dengan mengintegrasikan produknya dengan HP android, maka penggunaan produk Goldarhes bisa lebih fleksibel di manapun berada,”tambah Aisah, selaku teknisi Goldarhes.(lely)

BAGIKAN
Berita sebelumya
Berita berikutnyaSejuta Manfaat Organic Black Rice Series dari Herbs Spa