Meracik Minuman Gampang-gampang Susah

33

(bisnissurabaya.com) – Sumber daya manusia yang mempunyai keahlian menjadi tuntutan di tengah perkembangan industri perhotelan di Indonesia. Karena itu, Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya. memiliki program studi manajemen perhotelan, yang bernaung di Fakultas Ekonomi. Program Manajemen Perhotelan adalah program strata-1 yang menawarkan pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan dalam mengelola bisnis Hospitality.

Head of Hotel Management Program, Endo Wijaya Kartika, SE., M.M mengatakan, program Manajemen Perhotelan ini, mahasiswa diperlengkapi untuk mempunyai keahlian manajerial, operasional hotel, hubungan interpersonal, dan kemampuan berbahasa asing lain.

Penekanan dari program ini lebih ke arah manajerial, yang menjadikan unik dan berbeda dengan program perhotelan lain yang ada di Indonesia. “Program ini memadukan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola bisnis perhotelan. Kekhasan ini tampak pada keterampilan dalam berbahasa Inggris, merencanakan, menyiapkan, melaksanakan dan menyajikan pelayanan dalam bisnis perhotelan,” tambah Endo.

Selain itu, juga dibina jaringan kerjasama dengan institusi pendidikan, industri restoran, hotel, serta industri yang terkait, baik didalam maupun luar negeri dalam rangka mendukung terciptanya sumber daya manusia yang berkompeten yang mampu bersaing di pasar global.

Untuk menunjang hal ini, Program Manajemen Perhotelan menyediakan beberapa fasilitas laboratorium. Yaitu, restaurant & bar, kitchen, pastry & bakery, food & beverage, front office, 5 guest rooms, business center, laundry.

Seperti halnya bar yang dimiliki UK Petra Surabaya, yang pengelolaannya dikelola mahasiswa tersebut. Pihak dosen hanya mengawasi. Bar adalah tempat atau konter yang menyajikan minuman beralkohol seperti beer, wine, liqeur, dan coktails. Pada mulanya bar dikenal dengan nama atau sebutan tavern.

Di Bar tersebut tamu dapat duduk santai memesan makanan dan minuman yang diinginkannya. konter juga bertujuan untuk menghindari tamu yang mabuk masuk ke dalam Bar dan mengambil minuman yang ada di bar. Dengan memperhatikan dan mengikuti perkembangan yang terjadi hingga saat ini, pengertian kata tentang bar adalah suatu tempat atau counter yang menyediakan pelayanan makanan dan minuman, baik yang mengandung alkohol maupun yang tidak mengandung alkohol.

Meracik minuman gampang-gampang susah. Dibutuhkan teknik dan kejelian dan yang terpenting passion yang dimiliki. Kalau suka, pasion disitu pasti meraciknya enak dan tanpa beban. Kesulitanpun pasti selalu ada, semua tergantung dari orang itu sendiri. Seperti yang di alami Vina Widhawati, mahasiswa semester 6 ini. “Awalnya saya kesulitan untuk meracik minuman ini, dikarenakan banyak merk-merk minuman. Perlu waktu untuk mengetahui berbagai jenis merk minuman”. “Yang terpenting adalah kita suka, kita nyaman ya berarti passion kita di bar untuk meracik minuman. Bukan di pastry & bakery, walaupun kami semua di wajibkan untuk mahir dalam keseluruhan” tambah Vina. (meta)