(bisnissurabaya.com) – Bagi para penyelam, info ini mungkin bisa membantu menambah destinasi-destinasi penyelaman yang wajib dikunjungi. Sulawesi Utara (Sulut) memang dikenal dengan keindahan bawah lautnya yang menawan. Sebut saja Taman Nasional Bunaken pun Selat Lembeh yang menarik. Selain itu, ada destinasi yang mungkin belum banyak diketahui, yakni di daerah Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Ada beberapa pantai cantik di daerah tersebut yang bisa untuk dijelajahi. Seperti Pantai Molibagu, Pantai Biniha sampai Pantai Modisi.

Umumnya ada tiga titik penyelaman yang bisa dilakukan oleh para wisatawan. Yang pertama adalah titik penyelaman Lion. Pada titik pertama ini cenderung memiliki arus kencang, sehingga jenis ikan-ikan yang melintas merupakan jenis ikan yang berukuran besar. Titip penyelaman kedua adalah Barracuda Point yang terletak di Pantai Soputa. Dititik ini memiliki karakter berbatu dan air yang jernih, serta ikan barakuda yang siap menyambut para penyelam. Karang-karang dan tumbuhan laut menambah keindahan alam bawah laut di titik kedua ini. Selanjutnya adalah titik penyelaman ketiga, yakni Sakau Point yang terletak di Pantai Desa Milang Odaa. Sama seperti titik penyelaman pertama, pada titik ini memiliki arus yang cukup kuat dan ikan-ikan yang berukuran besar, sedikit menakutkan memang tapi semua aman. Dititik inilah keindahan karang warna-warni mampu membuat semua yang melihat jatuh hati.

Bagi yang ingin mengunjungi Bolaang Mongondow Selatan bisa melalui Bandara Jalaluddin, Gorontalo. Ini merupakan akses terdekat untuk sampai ke Bolsel, yakni membutuhkan waktu 3,5 jam perjalanan darat. Tertarik untuk menemukan harta karun di Bolsel? Selamat menambah referensi destinasi, jangan lupa untuk selalu menjaga keindahan dan kelestarian alam.(bagus supomo)