(bisnissurabaya.com) – Mengunjungi observatorium bukanlah hal yang membosankan. Berkunjunglah ke Bosscha, di Lembang, Bandung, Jawa Barat, salah satu observatorium tertua di Indonesia. Bagi pecinta gugusan bintang, nama Bosscha sudah tak asing lagi di telinga. Bosscha adalah tempat yang pas untuk dikunjungi bersama keluarga. Selain dapat menambah pengetahuan tentang astronomi, pengunjung juga bisa menikmati ke-eksotisan sejarah yang masih sangat kental di observatorium ini dan juga pemandangan dan suasana yang sejuk dan menenangkan.

Bagi star-gazer atau pecinta bintang gemintang, mengunjungi bosscha pada malam hari adalah waktu yang tepat. Dengan teleskop yang dimiliki Bosscha, para pengunjung bisa melihat rasi bintang, planet lain melalui jenis teropong yang berbeda. Khusus untuk malam hari pengunjung diperbolehkan secara langsung meneropong menggunakan teropong portable dan teropong Bamberg. Teropong ini sering digunakan untuk pendidikan public. Misalnya, pada Malam Umum, untuk melihat kawah bulan, bintang ganda visual, gugus bintang, planet-planet, dan benda langit lainnya secara langsung melalui okuler teropong. Mengenal benda-benda angkasa yang tak bisa kita lihat dengan mata telanjang merupakan hal yang menyenangkan bukan? Jadi, tunggu apalagi, masukkan Bosschake dalam list kunjungan selanjutnya.

Untuk mengunjungi Bosscha di Lembang ini tidaklah sulit. Jika mengunjungi Bosscha dengan menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan tidak membutuhkan waktu lama dari pusat kota Bandung, yakni selama 30 menit. Bagi yang ingin mengunjungi Bosscha dengan menggunakan transportasi umum juga tidak sulit, bisa dengan kereta dari Stasiun Hall menuju Stasiun Ledeng atau dengan bus dari terminal Ledeng menuju Subang.(bagus supomo)