(bisnissurabaya.com) – Bartender identik dengan dunia malam. Profesi bartender sebagai seni menyajikan minuman dengan memperagakan alat-alat bar. Dengan kata lain gemerlap dunia hiburan malam terutama di berbagai kota, seperti di kota metropolitan Surabaya.

Tak jarang, pandangan orang awam terhadap profesi ini cukup beragam. Ada yang pro maupun kontra. Tak bisa dipungkiri terjun ke dunia bartender kini menjadi trend dan mulai diminati kalangan muda.

Food And Baverage (FNB) Bartender Holywings Surabaya, Nicoulas Dwiyanto, mengakui bartender adalah sebuah profesi yang menyenangkan. “Sebenarnya profesi ini sifatnya entertain, dimana bisa bertemu sekaligus berhadapan langsung dengan tamu yang beragam karakter dan bisa berpenghasilan besar. Dari sini, kami yang bergelut pada bidang ini harus cekatan menangkap keinginan tamu dengan menyuguhkan minuman,” katanya.

Menurut dia, sang peracik minuman bukan sekedar campur- mencampur ingredients minuman saja. Tetapi, ada dasar pengetahuan dibaliknya. “Tentunya, dengan beverage knowlage tersendiri dalam memproduksi dan meramu cocktail maupun mocktail. Dimana bartender harus paham pengetahuan resep minuman yang disajikan. Sehingga rasa minuman memiliki kejutan dan sekaligus ditunjang dengan juggling dan flaring,” terang Nico, sapaan akrabnya.

Bahkan, profesi bartender kini juga alternatif sebagai kerja sampingan. Siang hari menjadi karyawan dan malam hari menjadi bartender adalah salah satu opsi yang menarik untuk mendapat tambahan uang. Pekerjaan sampingan yang satu ini menghasilkan uang cukup banyak dari tip yang diberikan.

Terpisah, Yuda Agustian mentor Indonesian European University, sudah berkecimpung dengan memberikan mata kuliah Culinary Business yang fokus pada inovasi, kreativitas dan kemampuan wirausaha demi menciptakan peluang bisnis dibidang kuliner ini.

Yuda, menuturkan perlu waktu lama untuk bisa menguasai segala pengetahuan dalam bartender. Mulai meracik minuman (mixiologist ), flaring maupun juggling. “Kuncinya ya terus menerus belajar dan berlatih mendalami pengetahuan dalam bartender, jangan mudah putus asa dan tetap percaya diri,” katanya. (ton)