Gresik,(bisnissurabaya.com) – Dengan penataan yang bagus dan manajemen yang memadai, pasar ini memperoleh  penghargaan.  Upaya Pemkab Gresik meningkatkan kualitas Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Gresik mendapat apresiasi dari Pemprov Jawa Timur.

Salah satu binaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gresik yaitu Pasar Desa Balongpanggang. Pasar ini merupakan   salah satu usaha Bumdes Desa Balongpanggang Kec. Balongpanggang Gresik yang dinobatkan sebagai Pasar Desa Terbaik II se Jatim. Menurut Kepala Dinas PMD Gresik, Tursilowanto Hariogi Pasar Desa Balongpanggang adalah bagian dari anak usaha Bumdes Balongpanggang.

Ada 210 Bumdes dari seluruh desa di Gresik dan Bumdes Balongpanggang adalah salah satunya. “Saat ini kami tengah melaksanakan percepatan untuk membentuk Bumdes yang nantinya semua desa punya Bumdes,” ujar Tursilo di kantornya, Kamis (4/5).

Masih menurut Tursilo, trophy penghargaan diterima oleh Kepala Desa Balongpanggang, Slamet Ramli dari Gubernur Jawa Timur, Sukarwo. Penerimaan penghargaan tersebut dilaksanakan saat puncak peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 14 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 yang berlangsung di GOR Lembu Peteng Tulungagung, Rabu (3/5).

Lebih lanjut Tursilo menjelaskan keunggulan Pasar Desa ini yaitu dibidang penataan dan manajemen. Penataan pasar yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum itu meskipun sederhana tapi rapi dan teratur. Saluran pembuangan air tertata bagus dan kebersihan tiap blok tampak terjaga. Ditambahkan  meski jumlah kios ada ratusan namun Pasar Desa Balongpanggang tampak rapi dengan kios yang tertata sesuai jenis dagangannya.

“Saya bangga atas pengelolaan Pasar Desa Balongpanggang karena selalu melaksanakan pembinaan yang kami lakukan. Manajemennya juga bagus sesuai arahan. Hal ini ditandai dengan terbentuknya struktur yang tertata serta pelaksanaan job diskripsi yang dilakukan oleh masing masing pihak,” tandas Tursilo.(sam)