Ngawi,(bisnissurabaya.com) – Kuliner yang memiliki cita rasa khas bisa mengangkat pamor suatu daerah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa terus berupaya menggali potensi kuliner yang ada.

Salah satu upaya yaitu  mengadakan festival kuliner khas Ngawi  pada 20 sampai 22 April 2017 lalu. Kegiatan festival berlangsung  di halaman pendopo Wedya Graha dan jalan tengah alun-alun Ngawi.

Kegiatan tersebu dibuka  Bupati Ngawi Ir. Nudi Sulistyono. Bupati  menjelaskan bahwa tujuan festival ini antara lain untuk menggali, mengenalkan dan mendongkrak kuliner-kuliner asli Ngawi. Diharapkan  wisatawan yang melintasi wilayah Ngawi tak hanya mampir di Pom bensin saja tapi juga merasakan kuliner asli Ngawi dan membawanya sebagai oleh-oleh.

Untuk bintang tamu dalam festival tersebut adalah Chef Ken dari Surabaya. Master Chef Indonesia tersebut memberikan pengarahan cara memasak yang baik dan benar. Selain itu Chef  juga mendemokan memasak dengan bahan dasar ikan Patin.

Rangkaian acara festival tersebut meliputi lomba masak, lomba foto kuliner, pameran kuliner, fashion show dan hiburan lainnya. Untuk lomba masak ditempatkan di halaman pendopo meliputi makanan, minuman dan jajanan yang semuanya harus ada di Ngawi.

Setelah mencicipi semua masakan, Chef Ken mengatakan bahwa ternyata Ngawi punya banyak kuliner yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Lomba masak ini memperebutkan 18 Tropi dan juga ada puluhan Doorprize dari Bank Jatim. Sedangkan untuk pameran kuliner, fashion Show dan hiburan lainnya diadakan di jalan tengah alun-alun Kabupaten Ngawi. (eko)