(bisnissurabaya.com) – Tak jauh dari Pulau Derawan yang dikenal dengan keindahan laut birunya, terdapat sebuah danau unik di sebuah pulau bernama Kakaban. Pulau ini masuk kategori pulau terpencil yang masih alami. Untuk mengunjungi pulau ini, hanya bisa dilakukan dengan mengendarai speedboat. Selain keindahan Pulau Kakaban ini, baik keindahan biru permukaan lautnya maupun keindahan alam bawah laut dengan koral yang menawan.

Satu hal lagi yang membuat pulau ini menjadi destinasi impian banyak wisatawan. Yakni, danau ajaib yang menjadi tempat tinggal ratusan bahkan ribuan ubur-ubur. Danau Kakaban ini terletak di tengah pulau. Untuk menuju ke sana pengunjung harus melewati tangga dengan pohon bakau di sekelilingnya. Tak butuh waktu lama untuk sampai di danau dengan ubur-ubur yang memenuhi hampir seluruh permukaan. Para pengunjung diperbolehkan untuk berenang di danau bersama dengan ubur-ubur. Tak perlu khawatir, ubur-ubur di danau ini tak memiliki sengat sehingga aman bagi pengunjung yang ingin berenang.

Ajaib bukan? Sedikit informasi mengenai sejarah terbentuknya danau Kakaban yang unik ini. Menurut informasi yang dicatat, Danau Kakaban mulanya sebuah laguna dari sebuah atol dua juta tahun silam. Pada waktu itu terjadi pergerakan alam yang menyebabkan karang yang membentuk atol ini meninggi dan daratan yang berada di tengahnya semakin tenggelam. Begitulah informasi yang menjelaskan tentang terbentuknya danau Kakaban tersebut.

Ubur-ubur yang hidup merupakan ubur-ubur purba dari dua juta tahun silam yang telah mengalami adaptasi dengan lingkungan baru yang merupakan air tawar. Maka dari itu ubur-ubur di Danau Kakaban tak memiliki sengat yang aman menjadi teman berenang para pengunjung. Tapi sebagai pengunjung juga sebaiknya tetap menjaga ubur-ubur unik tetap aman dan tak merasa terganggu.(bagus supomo)