Lamongan,(bisnissurabaya.com) – Lamongan kembali dinyatakan sebagai daerah dengan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah terbaik di Indonesia. Apresiasi itu diberikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto kepada Bupati Fadeli dalam peringatan Hari otonomi Daerah (Otoda) ke-21 di Sidoarjo, Selasa (25/4).

Selain Wiranto, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo terlihat hadir dalam acara tersebut. Sementara apresiasi ini diberikan kepada daerah dengan prestasi kinerja tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan Laporan Penyelenggaraaan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2015.

Selain Lamongan, hanya ada masing-masing 10 kabupaten dan kota di Indonesia yang menerima apresiasi ini. Diantaranya adalah Kota Makassar dan Surabaya, serta Kabupaten Sidoarjo dan Banyuwangi.

Sementara untuk Lamongan, karena sudah tiga kali berturut-turut menjadi kepada daerah dengan prestasi kinerja  tertinggi, akan menerima  Parasamya Purna Karya Nugraha. Ini adalah penghargaan tertinggi dibidang pemerintahan, yang akan diserahkan lagsung oleh Presiden  Joko Widodo dalam waktu dekat.

Bupati Fadeli usai dari Sidoarjo berharap aparatur Pemkab Lamongan semakin termotivasi untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. Karena apresiasi itu adalah penggambaran dari kinerja pemerintah daerah, baik dilevel pengambil kebijakan maupun pelaksananya dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat.

Apresiasi yang diterima Lamongan ini adalah ujung dari kerja nyata yang dituangkan dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

Memang dengan tangan dingin Fadeli Kabupaten Lamongan banyak kemajuan. Bupati ini tak kenal lelah blusukan ke kampong-kampung. Juga merakyat. Evaluasi manajemen pemerintahan ini dilakukan dengan melibatkan beberapa kementerian dan lembaga. Mulai dari Kemendagri, Kemen PAN-RB, Kemenkeu, Kem Hukum dan HAM, Setneg, Bappenas, BKN, BPKP dan BPS.

Pada acara itu, stand pameran Lamongan rupanya menarik perhatian dari Konjen Amerika Serikat di Surabaya Heather Variava. Dia secara khusus mengunjungi stand dan sempat berdialog dengan Bupati Fadeli. (sam)