Ahli waris saat menerima santunan.(foto/yusron)

Probolinggo,(bisnissurabaya.com) – Dua orang ahli waris nelayan, Marhamah dan Supriono asal Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih menerima santunan klaim asuransi nelayan dari pihak asuransi Jasindo. Masing-masing menerima santunan sebesar Rp 160 juta.

antunan klaim asuransi nelayan karena kematian alami ini diserahkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Asy’ari didampingi Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi dalam upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXI di halaman  Kantor Bupati.

Asy’ari menyampaikan bahwa pemberian santunan klaim asuransi ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada seluruh nelayan yang ada di nusantara. Karena nelayan itu pekerjaan yang luar biasa perjuangannya. ”Kami berharap kepada kedua keluarga korban agar bisa bersabar. Santunan yang diberikan ini semoga bisa bermanfaat untuk keluarga nantinya,” katanya.

Sementara itu Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi mengungkapkan  tujuan klaim asuransi ini adalah untuk memberikan jaminan atas resiko yang terjadi kepada nelayan. Dan  juga memberikan pemahaman kepada masyarakat dengan mata pencaharian nelayan, bahwasannya asuransi itu memberikan ketentraman dan kenyamanan.

“Jumlah nelayan yang ada di Kabupaten Probolinggo ini mencapai 11 ribu nelayan. Hanya saja untuk sementara yang sudah ikut asuransi mencapai 10.500 nelayan. Insya Allah dalam waktu dekat sudah terkover  semua,” papar Dedy.

Menurut Dedy, dengan mengikuti asuransi nelayan maka banyak manfaat yang bisa didapat. Salah satunya nelayan kalau sudah bekerja merasa aman karena terlindungi diri dan keluarganya. Apalagi nelayan adalah pekerjaan yang penuh resiko tinggi.
“Klaim asuransi nelayan yang diberikan berbeda-beda. Jika meninggalnya di darat, maka akan mendapatkan klaim asuransi sebesar Rp 160 juta. Tetapi jika meninggalnya di laut, klaim asuransinya mencapai Rp 200 juta,” tegasnya.

Dedy menambahkan bahwa asuransi nelayan ini sangat penting diikuti oleh seluruh nelayan yang ada di Kabupaten Probolinggo. Karena dengan adanya jaminan asuransi, maka nelayan akan lebih aktif meningkatkan produksi dan produktivitas hasil tangkapannya. (yus)