Gresik,(bisnissurabaya.com) – Loka Latihan Ketrampilan (Lolapil) merupakan program pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan dibidang pendidikan. Pesertanya adalah siswa lulusan SMA/sederajat yang terlebih dahulu lulus tahap seleksi.

PT Petrokimia Gresik (PG) kembali mewisuda 119 siswa program Loka Latihan Keterampilan (Lolapil) di Gresik, Selasa (25/4). Wisudawan berasal dari sejumlah sekolah kejuruan, seperti SMK listrik, SMK mesin, SMK kimia industri, dan SMA jurusan IPA di sekitar perusahaan.

Dalam program ini siswa Lolapil mendapat pendidikan dan pelatihan (diklat) praktis dan intensif selama 6 bulan. Mereka dididik menjadi tenaga muda terampil, profesional, dan siap kerja di industri. Lulusan Lolapil tidak lantas wajib bekerja untuk PG, karena program ini merupakan bagian dari kegiatan tanggungjawab sosial perusahaan (CSR).

“Selain pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kerja atau hard competency, siswa juga mendapat materi soft competency seperti pembentukan sikap atau perilaku, kedisiplinan, serta pembinaan fisik dan mental,” ujar  Nugroho Christijanto  Direktur Utama PT Petrokimia Gresik disela-sela wisuda.

Dirut PG Nugroho Christijanto menyatakan bahwa program ini merupakan bentuk dukungan PG terhadap program pemerintah yang tengah menggalakkan pendidikan dan pelatihan industri berbasis kompetensi guna menjawab tuntutan industri dan persaingan global. (sam)